Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah Sulsel Digeledah Polisi

Kantor Pusat Dakwah Muhammadiyah di Gowa, Sulawesi Selatan digeledah polisi, Selasa, 8 Maret 2022. Ketua Umum PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Gowa, Annisa Safitri, menerangkan, penggeledahan dilakukan oleh oknum polisi dari jajaran Polrestabes Makassar pada dini hari, tepatnya pukul 00.30 WITA.

Annisa menjelaskan bahwa di lokasi ada sekitar lima orang kader dari sayap organisasi Muhammadiyah yang tengah terlelap. Tanpa tedeng aling-aling, pihak kepolisian membangunkan mereka.

Mereka tiba-tiba dibangunkan, kemudian dikumpulkan di satu ruangan, disita HP-nya,” kata Annisa saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (19/3/2021).

Kehadiran polisi di sana juga tanpa disertai surat perintah penggeledahan maupun dokumen sejenis yang mengabsahkan tindakan tersebut. Polisi pun berlaku kasar dengan tanpa sebab menggertak mereka yang baru bangun tidur.

“Tiba-tiba digertak, kan orang tidur baru bangun, kan blank,” jelas dia.

Pascadikumpulkan di satu ruangan dan menggeledah kantor tersebut, polisi bilang bahwa mereka salah alamat. Mestinya yang dicari adalah kader Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII).

Pencarian kader PMII tersebut buntut aksi demonstrasi penolakan kenaikan harga minyak goreng yang berujung ricuh di depan Kantor DPRD Makassar, Sulawesi Selatan pada hari sebelumnya.

“Cuma dia (polisi) salah alamat, fatalnya tidak punya surat izin penggeledahan,” kata Annisa

Annisa mendesak Kapolrestabes Makassar meminta maaf atas keteledoran anak buahnya itu. 

“Minta untuk pihak Kapolrestabes datang ke Kantor Pusat Dakwah untuk menyampaikan permintaan maaf. Karena kejadian tersebut menyebabkan persepsi di masyarakat bertanya-tanya,” pinta Annisa.

Insiden penggeledahan itu, kata Annisa, membuat opini di masyarakat cenderung negatif. Lantaran menyangka yang bukan-bukan. Padahal itu sebuah kejadian salah paham.

Liputan6.com sudah coba menghubungi Kasubag Humas Polrestabes Makassar, Edy Supryadi, untuk meminta konfirmasi. Namun, hingga berita ini diturunkan belum ada respons. (Sumber :liputan6)

Leave a Reply