ITB Ahmad Dahlan Jakarta (ITB-AD) dalam waktu dekat akan mengeluarkan Pedoman Hubungan Masyarakat (Humas) atau Public Relations (PR). Hal ini dimaksudkan agar kampus memiliki pedoman yang jelas dalam kehumasan dan juga memastikan adanya tujuan komunikasi yang akan dicapai.
Menurut Aswad Iskak, dari Asosiasi Pendidikan Ilmu Komunikasi Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah (APIK PTMA) saat mengisi workshop Pengembangan Humas Batch II Perguruan Tinggi Muhammadiyah ‘Aisyiyah (PTMA) bahwa tujuan komunikasi harus spesifik dan mencakup awareness, knowledge, understanding, belief, perception, attitude and behavior change.
“Kampus harus rutin mengevaluasi program humas untuk mengukur capaian hasil program humas dan melakukan review strategi yang telah dijalankan,” ujarnya Iskak pada Kamis, (4/8).
Iskak menambahkan bahwa dengan evaluasi yang rutin akan mendapatkan gambaran pengalaman/pelajaran dari pelaksanaan program humas dan menjadi bahan rencana tindak lanjut program humas berikutnya.
Sebagai informasi, workshop ini digelar oleh Majelis Pendidikan Tinggi Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pada Kamis -Ahad (4/8/22) bertempat di Hotel Grand Rohan Ballroom Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Kegiatan ini tentunya bertujuan untuk meningkatkan kinerja Humas PTMA Se-Indonesia.