Musyda III Muhammadiyah & ‘Aisyiyah Pulang Pisau : Bupati Pulang Pisau apresiasi peran Muhammadiyah

PULANG PISAU, MENARA62.COM –  PImpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau menggelar Musyawarah Daerah (Musyda) III Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Pulang Pisau . Acara Pembukaan dilaksanakan di Pusat Dakwah Muhammadiyah Pulang Pisau, tepatnya di Halaman Masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau, Sabtu (20/5/2023).

Acara pembukaan dihadiri oleh Bupati Pulang Pisau yang diwakili oleh asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kemasyarakatan Uhing SE, Jajaran Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Kalimantan Tengah, Ketua Pimpinan Wilayah Aisyiyah Kalimantan Tengah, Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah kabupaten Kapuas, ketua MUI, kementerian Agama, pengurus organisasi agama dan kemasyarakatan , alim ulama tokoh masyarakat, tokoh agama, para pengurus Pimpinan Daerah, Cabang hinggga ranting Muhammadiyah dan Aisyiyah Pulang Pisau, pimpinan ortom , pimpinan.Amal.Usaha , serta para tamu undangan lainnya.

Ketua Panitia Musyda III Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah Rudi Purwadi mengatakan, kegiatan Musyda berlangsung selama tiga hari mulai dari Tanggal 19 s/d 21 Mei 2023., dengan
Jumlah peserta sebanyak, 53 orang, diantaranya Peserta Musda Muhammadiyah dari pengurus Daerah dan pengurus Cabang Muhammadiyah sebanyak 33 peserta, dan Peserta Musyda Aisyiyah Pulang Pisau sebanyak 20 peserta, serta beberapa penggembira yang datang dari cabang dan ranting Pulang Pisau.

“Terima kasih dukungan dan partisipasi semua pihak atas terselenggaranya Musyda ini, semoga Musyda dapat terlaksana dengan sukses dan lancar” ujar Rudi

Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Pulang Pisau H. Supardi S.Sos, M.AP mengatakan, setiap lima tahun dilaksanakan Musyda, namun karena saat itu telah terjadi pandemi covid 19, sehingga ada perpanjangan masa jabatan kepengurusan PDM, dan untuk pelaksanaan Musyda baru dilaksanakan pada tahun ini.

” Pelaksanaan Musyda nantinya menjadi tempat Musyarawah tertinggi untuk menyusun Program program, membentuk unsur Pimpinan Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah Periode 2022-2027″ tuturnya.

Ia mengatakan Saat ini PDM Pulang Pisau sedang melaksanakan program-program  yang mewarnai Pulang Pisau,  memulai pembangunan Amal Usaha Muhammadiyah  dari TK , PAUD, merintis pembangunan SDMT dan PKBM ( Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) , SMP dan SMK Muhammadiyah di Kahayan Kuala, Dan saat ini Pulang Pisau juga sedang proses pendirian perguruan tinggi Muhammadiyah Pulang Pisau., selain itu Muhammadiyah Pulang Pisau juga sedang  merintis pembangunan makam Muhammadiyah (alkah) di tanah persyarikatan, dan melanjutkan progres pembangunan Masjid KH Ahmad Dahlan.

Dalam sambutannya Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Dr. dr. Suyuti Samsul, M.PPM mengucapkan Selamat atas terselenggaranya Musyda dengan penuh kebersamaan dan kegembiraan.

“Musyawarah itu harus gembira, Muhammadiyah itu selalu berakhir dengan gembira, Tidak ada yang ambisi menjadi Ketua, biasanya saling dorong untuk siapa yang bersedia menjadi ketua “ujarnya.

Suyuti berpesan menghadapi tahun politik, bahwa sesuai AD ART Muhammadiyah secara organisasi tidak ikut dukung mendukung salah satu partai tertentu,
Tapi kepada kader atau anggota muhammadiyah silakan mendukung secara pribadi, dan jika ada kader, anggota atau pengurus yang ingin ikut berkontestasi di politik dipersilahkan, dan dapat mengajukan pengunduran diri.

Muhammadiyah itu tidak akan ikut kemana-mana, tetapi InsyaAllah ada dimana-mana, Mari jadikan organisasi dengan riang gembira, keislaman dan Indonesia tidak terpisahkan, saling melengkapi, jika umat islam sejahtera, semua rakyat indonesia sejahtera” ungkapnya.


PWM, PWA Kalimantan Tengah, PDM/PDA Pulang Pisau berfoto bersama Asisten 1 Bupati Pulang Pisau dsn unsur Forkopimda Kabupaten Pulang Pisau (Doc.MPI)

Sementara itu Bupati Pulang Pisau, yang diwakili oleh Asisten 1 bidang Pemerintahan dan kemasyarakatan Uhing SE, mengapresiasi Peran serta dan keterlibatan Muhammadiyah dalam berbagai lini Kehidupan melalui berbagai Amal Usaha seperti Sarana Pendidikan, Sarana Sosial dan Amal Usaha lainnya .

“Saya mengapresiasi pengurus Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pulang Pisau dan mendukung pelaksanaan musyawarah Daerah III Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah, yang bertema dakwah pencerahan menuju bumi handep hapakat berkemajuan, dengan tema tersebut sejalan dengan visi Pemerintah daerah Kabupaten Pulang Pisau yaitu : mewujudkan Pulang Pisau yang inovatif, maju, berkeadilan dan sejahtera. .”

“Harapan kami secara khusus kepada Muhammadiyah juga kepada organisasi keagamaan lainnya agar selalu berupaya menjadi terdepan dalam menjaga kedamaian keharmonisan dan kerukunan umat dalam beragama di wilayah kabupaten Pulang Pisau.Selanjutnya yang terakhir kami ucapkan Selamat bermusyawarah” tutupnya.

Wakil Ketua PWM Kalteng Fahrizal.Fikri, S.Hut, MP meresmikan pembukaan perdana SDMT Muhammadiyah KH Anmad Dahlan Pulang Pisau

Dalam kesempatan itu  Muhammadiyah Pulang Pisau juga melaunching  resmi Sekolah Dasar Muhammadiyah Terpadu (SDMT) KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau yang berada di lantai dasar Masjid KH Ahmad Dahlan Pulang Pisau. Peresmian ditandai denngan pengguntingan pita oleh Wakil Ketua  PWM Kalimantan Tengah  Fahrizal Fitri, S.Hut, MP

Kegiatan dilanjutkan pelaksanaan sidang pleno Musyawarah Daerah Muhammadiyah dan Aisyiyah sampai kepada pemilihan pengurus Muhammadiyah dan Aisyiyah periode 2022-2027 yang dilaksanakan di gedung kampus III UMPR Pulang Pisau. (Wahyu/Bonni)

Editor : Bonni

Leave a Reply