APA ITU ORMAWA?

Organisasi Kemahasiswaan (ORMAWA) terbentuk untuk mengakomodasi, mengolah, dan mengimplementasikan aspirasi mahasiswa dalam membuat kemajuan di dalam kampus. Dengan menjadi anggota organisasi, kamu akan belajar bagaimana membina hubungan dengan orang lain, berpikir kreatif, dan bertanggungjawab dalam setiap keputusan

  • BEM
  • DPM

Logo BEM

Siapa Kami?

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) berdiri pada tanggal 5 Oktober 1999. BEM yang dahulu bernama Senat Mahasiswa merupakan pelaksana teknis dari pemerintah mahasiswa (Student Goverment) atau bisa juga diartikan sebagai miniatur pemerintahan Negara. BEM sendiri diatur oleh Undang-undang Keluarga Mahasiswa (UUKM) ITB Ahmad Dahlan Jakarta yang menyatakan bahwa segala kebutuhan dan keinginan mahasiswa dapat disalurkan lewat BEM dengan kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan keintelektualan, kemasyarakatan dan  keagamaan.

Ketua BEM atau yang biasa disebut Presiden Mahasiswa (Presma) dipilih berdasarkan Pemilihan Umum Raya (PEMIRA). Sedangkan kabinet BEM dipilih berdasarkan hak preogratif Presma dan Wakil Presma. Kinerja BEM berada di bawah pengawasan dan koordinasi dengan Badan Legislatif Mahasiswa yaitu Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM).

Struktur Kami?

Struktur BEM terdiri diantaranya Presiden Mahasiswa, Wakil Presiden Mahasiswa, Menteri dan Wakil Menteri, Staf Presiden dan Menteri.

Logo BEM

Siapa Kami?

Adalah satu lembaga Universitas ini berdiri tepat pada tanggal 29 Juni 1999 pada kongres keluarga ITB Ahmad Dahlan Jakarta. Pembelajaran demokrasi menjadi multipler effect diseluruh lapisan masyarakat indonesia terutama dikalangan mahasiswa, kebebasan berbicara dan berorganisasi berimplikasi pada gejolaknyah pemikiran demokrasi di kalangan kampusdan lahir eksisnya organisasi – organisasi baik intra univerter maupun extra univerter.

Pembelajaran demokrasi pun akhirnya dengan sendiri termanifestasi seluruh eksistensi organisasi – organisasi tersebut, cita – cita ingin mewujudkan indonesia yang demokratis sangat efektif apabila dimulai dikalangan terdidik kampus maka sebagai wujud dari dari cita – cita tersebut lahirlah yang kita kenal dengan  student goverment yang merupakan prototipe dan miniatur dari system demokrasi yang dibangun di indonesia. Keluarga mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta pun membenahi diri dengan membangun student goverment, yang terdiri dari lembaga eksekutif yang di pimpin oleh mahasiswa dan DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) sebagai lembaga legislatif.

Azaz

Sebagai salah satu lembaga kemahasiswaan yang ada di lingkungan muhamamdiyah maka DPM juga terlandaskan dan berazaskan Al – Quran dan sunnah Rasulullah.

Mekanisme Kerja

Seluruh anggota DPM yang terdiri dari 15 orang dipilih langsung oleh mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta berbarengan dengan pemilihan presiden mahasiswa dalam pemilu raya keluarga mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta dan 14 orang utusan dari UKM serta satu orang utusan ortom IMM. Ketua DPM Dipilih oleh anggota DPM yang terpilih.

Struktur Kami

DPM secara struktural terdiri dari Ketua Umum, Sekretaris Umum, Bendahara Umum, dan Divisi-divisi diantaranya Divisi Organisasi, Divisi Kemahasiswaan, dan Divisi Anggaran.